Mengarahkan Domain dan Mengembalikan Index Pencarian

Tulisan ini berdasarkan pengalaman penulis yang mengalami beberapa kali pemindahan domain. Hal yang harus diperhatikan apabila kita akan menganti domain lama ke domain baru tentunya adalah index pencarian di search engine google, ini adalah hal yang tentunya perlu diperhatikan. Adapun proses pemindahan domain sendiri sangat mudah hanya dengan mengarahkan ns (name server) domain ke server baru dengan format host name bukan ip address.

Kita asumsikan bahwa domain lama adalah www.domainlama.com dan domain baru adalah www.domainbaru.com, bahasan disini hanya membahas penerusan website lama ke baru. Masuk ke cpanel website lama kemudian masuk ke menu domain, pilih redirect.

Kemudian pilih type redirect, secara temporary atau permanent kemudian pilih domain lama yang akan di redirect masukkan redirect to ke http://domainbaru.com/ tanpa awalan www perlu diperhatikan bahwa harus dengan akhiran slash (garis miring dibelakang nama domain), jika dihilangkan maka domain baru tidak akan ditemukan. Kemudian pastikan kotak wild card redirect seperti pada gambar dibawah ini




Kemudian klik add dan berikut domain lama yang di redirect ke domain baru.


Silahkan test dengan memasukkan URL http://www.domainlama.com, pasti akan diarahkan ke http://www.domainbaru.com dan penulis jelaskan fungsi dari wild card jika diaktifkan adalah apabila didapati pemanggilan domain file dan directory dibelakangnya maka akan secara utuh diarahkan ke domain baru.


Contoh :
www.domainlama.com/content.php maka apabila tanpa wild card pengalihan tidak akan menemukan alamat www.domainbaru.com/content.php. namun apabila anda mengaktifkan fungsi wild card maka permintaan domain lama akan diarahkan secara penuh ke domain baru.
 
Ini akan sangat bermanfaat untuk menghindari kehilangan index di mesin pencari yang sudah terbentuk/dibangun oleh domain lama terutama alamat web tidak ditemukan 404 (not found).
Semoga bermanfaat.

Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking