Microsoft Luncurkan Jejaring Sosial Baru Untuk Bersaing Dengan Google

Seminggu yang lalu, di Facebook ada teman yang men-tag berita tentang Social Network, ternyata Microsoft telah diam-diam meluncurkan jaringan sosialnya sendiri yang telah dikembangkan selama hampir satu tahun. Jaringan sosial, yang disebut So.cl, dikatakan untuk membantu siswa menghubungkan satu sama lain - sebuah konsep yang pengadopsi awal dari Facebook. 


Namun, itu So.cl jelas tidak dirancang untuk bersaing dengan Facebook. Microsoft mengatakan So.cl (diucapkan "sosial") "adalah sebuah proyek penelitian eksperimental, yang dikembangkan oleh FUSE Labs Microsoft, berfokus pada mengeksplorasi kemungkinan pencarian sosial untuk tujuan belajar." Fokus utama dari So.cl membantu "orang menemukan dan berbagi halaman web yang menarik dengan cara siswa lakukan ketika mereka bekerja sama "dengan menggabungkan jaringan sosial dan pencarian. 

Microsoft licik dalam cara mereka menyajikan fokus So.cl, yang tampaknya dirancang khusus untuk siswa. Namun, jelas bahwa Microsoft sedang mencoba untuk saingi jaringan sosial Google, Google +, yang juga dirancang untuk menggabungkan sosial dan pencarian. Untuk membedakan keduanya, Microsoft (yang tampaknya) berfokus pada niche pengguna (siswa), dan juga mendorong pengguna untuk berbagi data sedikit berbeda dengan menciptakan "montages konten web visual." Microsoft desain ulang Bing Untuk melawan Google Pada Laga Kontributor Data, Microsoft bahkan pergi sejauh mengatakan mereka mengharapkan siswa untuk menggunakan jaringan sosial lainnya seperti Facebook di samping So.cl. Kenyataannya adalah, meskipun, bahwa setiap orang dapat mendaftar untuk menggunakan So.cl. Saat ini, 

Microsoft telah bermitra dengan sekolah (termasuk Universitas Washington, Syracuse University, dan Universitas New York) tetapi "setiap orang dapat berpartisipasi dalam komunitas riset Labs FUSE", yang meliputi proyek So.cl. Mendaftar untuk jaringan sosial So.cl semudah (dan agak ironis) menghubungkan akun Facebook. Bahkan jika Microsoft pura-pura fokus pada siswa demi perolehan pengguna, prospek So.cl tidak terlihat baik baik cara. 

Google telah mencoba berusaha keras untuk hal semacam ini, kombinasi untuk sukses dengan Google +, dan meskipun Google mendominasi pangsa pasar dalam pencarian, hampir tidak ada yang benar-benar menggunakan + Google. 

Pada saat yang sama, Facebook tidak benar-benar gagal dengan memperluas jangkauannya di luar batas awal dari mahasiswa. Apakah ada pelajaran yang bisa dipelajari dari masing-masing perusahaan social ini? yang jelas para pelajar malah menghabiskan waktu untuk Chat dan bermain beberapa Game daripada mengulang mata pelajaran sekolah, kebanyakan malah para pebisnis yang rajin promo kesana-kemari, betul kan?

AndyOnline


Artikel Yang Berhubungan:

5 komentar:

Gopar mengatakan...

perdana sob..balik dan follow ya??

Yudy Ananda mengatakan...

mun nu diluhur perdana uwink mah pulsa weh wkwkwjxkwjwk kumaha ges eusian can brad?

Lovely Little Garden mengatakan...

Belum pernah dengar So.cl.

Irma Devi Santika mengatakan...

mampir cuma pengen denger lagunya. hehehehhe..

makin banyak aja socmed ya. pergaulan kita jadi semakin maya. wuih, wuih..

Sarnisa Anggriani Kadir mengatakan...

kunjungan perdana, aku mau baca2 dulu artikelmu sob.

salam kenal yah :)

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking