Pak Kusmin - Tukang Asah Pisau Keliling


Kusmin, 53 tahun. Sehari-hari bekerja sebagai tukang asah pisau keliling. Dalam satu hari beliau dapat menempuh jarak yang sangat jauh. Dari kediamannya di Jl. Genuk Krajan VI (tanpa nomor rumah), Pak Kusmin berkeliling menawarkan jasa asah pisau hingga ke daerah Papandayan, Sampangan, bahkan sampai ke Pamularsih yang jaraknya kurang lebih 30 km.

Hanya bermodalkan satu gerobak kecil, dan beberapa peralatan gerinda sederhana, pak Kusmin berjalan menyusuri panasnya jalanan, melewati kontur jalanan Semarang yang penuh tanjakan dan turunan untuk menafkahi keluarganya.

Pak Kusmin memiliki seorang istri yang tengah sakit-sakitan dan tak mampu lagi bekerja membantunya. Pak Kusmin tak punya anak kandung, namun ia memiliki dua anak angkat yang keduanya masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Dengan semangat dan senyum ramah, Pak Kusmin dengan ikhlas menjalani pekerjaannya.
Saya tak sengaja melihat pak Kusmin saat sedang melintas tak jauh dari kediaman saya. Baru kali ini saya menjumpai tukang asah pisau keliling dan menggunakan jasanya.

Setelah selesai mengasah beberapa pisau milik saya, Pak Kusmin enggan untuk menyebutkan berapa harga jasa beliau. "Monggo, sak ikhlase mawon mas" tuturnya.

Mengagumkan bertemu dengan sosok seperti Pak Kusmin. Keteguhan hati, keikhlasan, dan senyum ramahnya sungguh menyejukkan hati.

 Note: Sukma Brata


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking