MikroTik Routing The World - Introduction

Denger-denger di sekolah ada kelas baru, MikroTik class...akhirnya...dibuka juga kelas tersebut setelah sebelumnya di sekolah lain-lain lebih dulu berani membuka kelas MikroTik...lambat juga sih tapi lebih baik daripada tidak sama sekali :-)

MikroTik menurut wiki adalah nama sebuah perusahaan kecil di Latvia, dimana pemrakarsanya bermimpi untuk me-routing dunia...bukan dengan membuat WISP (Wireless ISP) melainkan dengan membuat sebuah program router yang bisa dijalankan di seluruh dunia. Jadilah John Trully dan Arnis Riekstins (pendiri MikroTik) mengembangkan MikroTik secara maraton bersama staf R&D MikroTik dan banyak tenaga lepas.

Mikrotik RouterOS™ adalah produk dari MikroTik. Berupa sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Mikrotik RouterOS hadir dalam berbagai level. Tiap level memiliki kemampuannya masing-masing, mulai dari level 3, hingga level 6. Secara singkat, level 3 digunakan untuk router berinterface ethernet, level 4 untuk wireless client atau serial interface, level 5 untuk wireless AP, dan level 6 tidak mempunyai limitasi apapun. Untuk aplikasi hotspot, bisa digunakan level 4 (200 pengguna), level 5 (500 pengguna) dan level 6 (tidak terbatas).


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking