Rumah Bersalin Gratis di Pulogadung - Jakarta Timur

Rumah Zakat Indonesia (RZI) membuka Rumah Bersalin Gratis (RBG)
Jalan Taruna 43, Pulogadung, Jakarta Timur.


PULOGADUNG, - Untuk membantu masyarakat duafa atau miskin yang memerlukan layanan persalinan, Rumah Zakat Indonesia (RZI) membuka Rumah Bersalin Gratis (RBG). Di tempat ini, pasien tidak dibebani biaya sepeser pun.

Untuk bisa mendapatkan layanan persalinan gratis, syaratnya mengisi formulir permohonan menjadi anggota RBG di Jalan Taruna 43, Pulogadung, Jakarta Timur. RBG ini sudah berjalan kurang lebih 1,5 tahun dan sudah 150 bayi lahir di tempat ini.

Fasilitas gratis dari layanan RBG untuk pasien mencakup pemeriksaan kehamilan, persalinan normal, memberikan rujukan bagi persalinan pathology. Lalu pemeriksaan pascapersalinan, imuninasi, serta layanan KB. "Kami juga memberikan layanan gratis untuk konsultasi kesehatan ibu dan anak, khitanan anak, pemeriksaan dan pengobatan umum, dan pengantaran pasien dengan layanan ambulan," ucap Jaya Saputra, Manajer RBG, ditemui Jumat (14/3) siang.

Pasien bersalin yang datang ke RBG mayoritas dari masyarakat miskin yang tinggal di sekitar lokasi RBG dan
banyak juga yang datang dari Jabodetabek. Umumnya para pasien merasa terbantu dan layanan itu sangat meringankan beban mereka.

Salah satu pasien bersalin di RBG, yakni Dian Anggraeni (27), warga Gang E-1 RT 05/09 Rawabadak Utara, Koja, Jakarta Utara. "Saya tahu tempat ini dari salah seorang kader imunisasi di kelurahan saya," tutur ibu tiga anak ini.

Dikatakan Dian, anak ketiganya, Yulia (9 bulan), dilahirkan di RBG Pulogadung. Menurut Dian, yang membedakan RBG dengan rumah bersalin di tiap-tiap kelurahan, menyangkut soal pelayanan. "Pelayanannya beda, petugasnya ramah-ramah, dan pasien benar-benar diperhatikan," tutur Dian yang suaminya kini sedang menganggur.

Jumat siang itu Dian datang ke RBG untuk berobat, yang merupakan bagian kelanjutan fasilitas RBG yang didapat pasien. "Bahkan ongkos taksi dibayarin loh Mas. pokoknya sampai lima tahun ini kami mendapatkan bantuan biaya untuk perkembangan anak," tuturnya.

Komentar senada dilontarkan Maisaroh (26). Ditemani ibunya, Sarkinah, Jumat siang itu mereka datang untuk
memeriksakan kesehatan bayinya yang berusia 2,5 bulan. "Kami ini orang susah Mas. Kami tahu tempat ini dari nenek saya yang kebetulan tinggal di sekitar sini," ucap Maisaroh lirih.

Ibu dua anak yang tinggal di Gang Penjahit RT 14/04 Pulogebang, Cakung itu merasakan manfaat yang luar biasa dari layanan RBG ini. "Harga obat di sini murah sekali Mas, bedanya sampai 25 persen dibanding harga obat di toko lain," kata Maisaroh yang bersuamikan pedagang minyak wangi.

Dikatakan Jaya Saputra, pihak RBG-RZI, tidak langsung menerima pasien begitu saja. Setelah pasien dinyatakan sudah melengkapi semua persyaratan, pihak RBG kemudian mengecek keberadaan rumah pasien yang bersangkutan.

"Sebab kehadiran RBG di sini untuk meringankan beban serta menarik minat masyarakat yang kurang mampu terhadap pentingnya pemeliharaan kesehatan kehamilan, persalinan, dan pasca persalinan, termasuk perencanaan keluarga," papar Jaya.

Selain itu jika pasien ibu hamil yang sudah memiliki kartu keanggotaan RBG ternyata mengalami kehamilan risiko tinggi, maka persalinan tidak dilakukan di RBG, tapi dirujuk ke rumah sakit lain. Dua rumah sakit rujukan RBG, yaitu RS Persahabatan dan RS Islam Cempakaputih.

Latar belakang didirikannya RBG di wilayah Pulogadung ini melihat angka kematian ibu dan angka kematian bayi di Indonesia masih tinggi. Pihak RZI mendapatkan dana untuk layanan itu bersumber dari infaq sodakoh, sumbangan masyarakat dan perusahaan. Salah satu perusahaan yang bekerjasama dengan RZI, yaitu Lintasarta.

Meski masih sederhana, namun keberadaan RBG di Pulogadung ini mendapat respon positif dari masyarakat, terutama kaum miskin. Fasilitas ruangan di RBG Pulogadung seperti ruang bidan, ruang konsultasi, ruang persalinan, dan ruang rawat inap, dan depo obat atau apotik.

Syarat untuk mendapatkan kartu anggota RBG

- Hasil cek dari bidan tentang kondisi ibu dan janin dalam keadaan sehat. Sehat dalam arti pasien tidak ada indikasi kehamilan risiko tinggi.
- Mendaftarkan diri sejak usia kehamilan maksimal tujuh bulan.
- Mengisi formulir permohonan keanggotaan RBG dengan melengkapi syarat adiministrasi yaitu :
1.Foto copy KTP wali (rangkap 3)
2.Foto copy KTP pasien (rangkap 3)
3.Foto copy kartu keluarga (rangkap 3)
4.Foto copy buku nikah (rangkap 3)
5.Pas foto pasien 4 x 6 (3 lembar)
6.Surat keterangan tidak mampu dari Kelurahan
7.Mengisi pernyataan komitmen hidup sehat dan Islami
8.Mengisi pernyataan kesungguhan suami
9.Mengisi pernyataan pengurus masjid setempat
- Hasil survei menyatakan pasien termasuk kedalam kategori Mustahiq atau layak menerima bantuan

Waktu pelayanan :
- Layanan Dokter Umum, 6 hari kerja Senin - Sabtu, pukul 08..00 s/d 16.00
- Layanan Kebidanan, 6 hari kerja Senin - Sabtu, pukul 08.00 s/d 16.00
- Layanan Persalinan, 7 hari kerja, diberikan selama 24 jam

Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking