Pemadaman Anti-SOPA pada Wikipedia bahasa Inggris

Hari ini, komunitas Wikipedia mengumumkan keputusannya untuk memadamkan Wikipedia bahasa Inggris selama 24 jam, di seluruh dunia, dimulai pada Rabu, 18 Januari 2012 pukul 05.00 UTC (Anda dapat membaca pernyataan dari Wikimedia Foundation di sini). Pemadaman ini adalah suatu protes terhadap usulan undang-undang di Amerika Serikat—yaitu Stop Online Piracy Act (SOPA) dari Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat, dan juga PROTECT IP Act (PIPA) dari Senat Amerika Serikat—yang jika disahkan akan benar-benar merugikan Internet yang bebas dan terbuka, termasuk Wikipedia.
Ini akan menjadi protes publik yang pertama kali bagi Wikipedia bahasa Inggris, dan hal ini bukanlah keputusan yang dibuat dengan sembarangan. Berikut ini adalah penjelasan dari tiga pengurus Wikipedia, yang secara formal memfasilitasi pembicaraan komunitas. Pada pernyataan publik yang ditandatangani oleh User:NuclearWarfare, User:Risker and User:Billinghurst tertulis,

Komunitas Wikipedia bahasa Inggris berpendapat bahwa kedua rancangan undang-undang, jika disahkan, akan menghancurkan web yang bebas dan terbuka.
Selama 72 jam yang lalu, lebih dari 1800 Wikipediawan ikut bersama-sama membicarakan mengenai usulan tindakan yang perlu diambil oleh komunitas dalam rangka menentang SOPA dan PIPA. Sejauh ini, pembicaraan ini, berdasarkan jumlah keikutsertaannya, merupakan pembicaraan komunitas yang terbesar yang pernah terjadi di dalam Wikipedia. Hal ini menunjukkan tingkat keprihatinan yang para Wikipediawan rasakan terhadap usulan undang-undang ini. Sebagian besar para partisipan mendukung tindakan komunitas untuk mendorong aksi publik yang lebih besar dalam menanggapi kedua rancangan undang-undang ini. Dari banyak usulan yang telah ditimbang oleh Wikipediawan, diputuskan hasilnya adalah “pemadaman” Wikipedia bahasa Inggris, bersama-sama dengan pemadaman serupa pada situs web lain dalam menentang SOPA dan PIPA, yang menerima dukungan yang terbanyak.
Setelah mengulas pembicaraan ini, para pengurus yang mengakhiri pembicaraan menyatakan dukungan luas terhadap tindakan dari para Wikipediawan di seluruh dunia, tidak hanya dari dalam Amerika Serikat. Keberatan yang utama terhadap pemadaman global ini datang dari mereka yang berpendapat bahwa pemadaman ini seharusnya dibatasi untuk pembaca dari Amerika Serikat saja, sedangkan bagian dunia lainnya hanya ditampilkan panji pemberitahuan yang sederhana. Kami juga mendapati bahwa 55% dari mereka yang mendukung pemadaman lebih setuju terhadap pemadaman yang bersifat global, karena banyak juga yang menunjukkan kekhawatirannya terhadap undang-undang sejenis yang ada di negara lain.
Dalam membuat keputusan ini, Wikipediawan akan dikritik karena secara terang-terangan meninggalkan pandangan netral dan beralih ikut bertindak terhadap isu politik. Hal ini merupakan permasalahan yang nyata dan sah. Kami ingin agar masyarakat mempercayai Wikipedia, tidak mencemaskan bahwa Wikipedia mencoba mempropaganda mereka.
Walaupun artikel dalam Wikipedia bersifat netral, keberadaannya tidaklah demikian. Kat Walsh, anggota dewan Wikimedia Foundation, baru-baru ini menulis pada salah satu milis kami sebagai berikut,

Kami bergantung kepada prasarana hukum yang memungkinkan Wikipedia dapat terus beroperasi. Dan kami juga bergantung pada prasarana hukum yang mengizinkan situs lainnya menyimpan materi yang disumbangkan oleh pengguna, baik informasi maupun pendapat. Sebagian besar proyek Wikimedia adalah mengelola, merangkum, dan mengumpulkan berbagai pengetahuan di dunia. Kami mewujudkannya sesuai konteks, dan menunjukkan kepada masyarakat bagaimana memanfaatkannya.
Namun pengetahuan tersebut haruslah diterbitkan di suatu tempat yang bisa ditemukan dan digunakan oleh siapa saja. Bila disensor tanpa proses lebih lanjut, hal ini melukai sang pembicara, masyarakat, dan Wikimedia. Bila Anda hanya dapat menyuarakan pendapat jika Anda memiliki cukup sumber daya untuk menentang secara sah, atau, jika pendapat Anda telah disetujui di awal oleh seseorang yang memiliki sumber daya tersebut, sekumpulan panah sejenis yang sudah terkenal, yang berisi gagasan-gagasan, hanya akan terus menjadi kepemilikan bagi mereka yang mempunyai banyak akses.
Keputusan untuk menghentikan Wikipedia bahasa Inggris tidak dibuat oleh saya; ini merupakan keputusan yang dibuat oleh para penyunting, melalui proses pengambilan keputusan dengan konsensus. Namun, saya mendukungnya.

Seperti Kat dan seluruh dewan Wikimedia Foundation yang lain, saya telah secara mendalam memikirkan pandangan umum Wikipedia dan niat baik yang masyarakat miliki terhadap Wikipedia, yaitu sebagai sumber daya yang dapat digunakan untuk kepentingan umum. Para pembaca mempercayai Wikipedia, meskipun terdapat kesilapan, karena hati Wikipedia ada pada tempat yang benar. Kami tidak berniat untuk meminta imbalan atas apa yang masyarakat lihat, atau membuat masyarakat meyakini suatu hal tertentu, atau menjual produk kepada masyarakat. Wikipedia tidak memiliki agenda rahasia: Wikipedia hanya ingin bermanfaat bagi masyarakat luas.

Itulah kekurangan dari situs lain. Kebanyakan situs lain termotivasi secara komersial: tujuan mereka adalah untuk mendapatkan uang. Namun bukan berarti mereka tidak ingin membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik—banyak yang ingin!—namun hal ini berarti bahwa posisi dan tindakan mereka perlu dipahami dalam konteks kepentingan yang saling bertentangan.

Harapan saya adalah bahwa ketika Wikipedia dihentikan pada 18 Januari, masyarakat akan mengerti bahwa kami melakukannya demi para pembaca kami. Kami mendukung hak setiap orang dalam kebebasan berpikir dan berpendapat. Kami pikir semua orang harus memiliki akses ke materi pendidikan dalam berbagai topik, bahkan jika mereka tidak mampu membayar. Kami percaya pada Internet yang bebas dan terbuka di mana informasi dapat dibagi tanpa halangan. Kami percaya bahwa undang-undang yang baru diusulkan seperti SOPA—juga PIPA dan hukum yang serupa lainnya yang sedang didiskusikan di dalam maupun di luar Amerika Serikat—tidak memajukan kepentingan masyarakat umum. Anda dapat membaca sebuah daftar yang sangat bagus dari Electronic Frontier Foundation yang berisikan alasan untuk menentang SOPA dan PIPA di sini.

Mengapa tindakan ini dilakukan secara global, bukan hanya di Amerika Serikat saja? Dan mengapa sekarang, ketika beberapa legislator Amerika tampak sudah mundur secara taktis?
Kenyataannya adalah bahwa kami tidak berpikir SOPA akan menghilang, dan PIPA pun masih cukup aktif. Selain itu, SOPA dan PIPA hanya indikator untuk masalah yang jauh lebih besar. Di seluruh dunia, kami melihat perkembangan undang-undang yang bertujuan untuk memberantas pembajakan daring dan mengatur Internet dengan cara lain, yang mengurangi kebebasan daring. Kekhawatiran kami tidak hanya terhadap SOPA dan PIPA: mereka hanya bagian kecil dari masalah yang sesungguhnya. Kami ingin Internet dapat tetap bebas dan terbuka, di mana saja, dan untuk siapa saja.
  Suarakan pendapat Anda!
Pada 18 Januari, kami berharap Anda setuju dengan kami, dan akan melakukan apa pun yang Anda bisa untuk menyuarakan pendapat Anda.

Sue Gardner,
Direktur Eksekutif, Wikimedia Foundation

Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking