Setelah Steve Jobs Lalu Dennis Mac Alistair Ritchie

Setelah Kamis 6 Oktober 2011 geger di berbagai media tentang berita kematian Kang Steve Jobs si juragan Apple, 3 hari kemudian disusul oleh Om Dennis Mac Alistair Ritchie si Otak pengembang Sistem Operasi Unix yang menjadi basis Linux. ada apa gerangan..? kok bisa menyusul Co-founder Apple..? jangan-jangan emang udah janjian, hehehe.. :D

Dennis Mac Alistair Ritchie adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal lewat bahasa pemrograman ALTRAN, B, BCPL, C, Multics, dan Unix, telah meninggal dunia pada tanggal 9 Oktober 2011 dalam usia 70 tahun di Murray Hill. Lahir pada tanggal 9 September 1941 di Bronxville, Dennis M. Ritchie adalah putra dari insinyur bagian listrik yang berkerja di Bell Labs perusahan AT&T, dimana Ritchie juga pada tahun 1967 memulai karirnya di pusat "Computing Science Research Center".

Ritchie juga dikenal dengan inisial “dmr”, bermitra dengan Ken Thompson diakui sebagai pencipta bahasa pemrograman C seperti juga tokoh penting pada pengembangan Unix - Sistem Operasi yang menjadi basis Linux dan Apple Mac OS X saat ini. Tanpa kreasinya, tentu tidak ada komputer modern seperti yang kita temukan sekarang dan tidak ada berbagai macam aplikasi penting yang membantu meningkatkan produktivitas kita selama ini.

Keterlibatan Ritchie diawali dengan merintis pengembangan Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada dasawarsa 1960an. Multics merupakan salah satu sistem operasi pertama yang bisa Time Sharing, sebuah sosok komputer yang  kala itu memenuhi beberapa lemari (rack) dan bernilai ratusan ribu dollar, namun memiliki kinerja tidak lebih dari kinerja sebuah smart phone saat ini.

Ritchie yang berjasa dan menjadi perintis di banyak bidang Informatika juga telah mengantongi banyak penghargaan skala Internasional. Diantaranya adalah Turing Award (1983), IEEE Richard W. Hamming Medal (1990), National Medal of Technology (1999) dan Japan Prize (2011). Ia mengabdi di Bell Labs sampai saatnya pensiun pada tahun 2007.

Sumber berita: gudanglinux.info


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking