Panduan Dasar Trik SEO On Page

Wah asiknya sekarang bloofers tampak lebih fresh dengan domain dan template baru yang membuat nambah kinclong dan nambah betah membernya berlama-lama di situsnya, untuk itu saya ucapkan selamat ya..
Dua minggu kemarin saya iseng-iseng membuat sebuah tantangan kecil buat para member bloof yaitu dengan membuat lomba tulis, pada dasarnya sih tantangan itu saya maksudkan untuk menjadi trigger supaya kawan-kawan di bloof lebih melek pada seluk-beluk blogging khususnya dalam hal SEO. Buat kalian yang belum mengerti SEO pasti bertanya-tanya apa sih itu, supaya nda bingung mari kita kupas garis besarnya. SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimation” kalau kita terjemahkan artinya adalah “Optimasi Mesin Pencari”, SEO sendiri mempunyai satu tujuan yaitu agar konten suatu blog atau situs dapat terindeks dengan baik pada halaman depan mesin pencari sesuai dengan keyword yang kita tembak tentunya contohnya ya seperti pada kontes iseng kemarin yang menembak keyword “Persahabatan Yang Lebih Dari Persahabatan” , gimana nih udah pada ada bayangan ga, atau tambah pusing? klo tambah pusing selamat berarti kamu waras wkwkwkwwkw. Lanjuuut nah itu adalah penjelasan paling sederhana dari saya tentang arti dan tujuan sebuah

Mungkin kebanyakan dari kalian yang awam sudah merasa malas untuk mengetahui dan mempraktekannya lebih lanjut tentang SEO ini, but hey jangan liat hanya liat sekilas karena sebetulnya untuk membuat konten blog kamu terindeks dengan baik ternyata tidak susah bahkan untuk yang baru kenal dengan dunia blogging sekalipun “all u have to do is read carefuly”. Sebelum saya bahas lebih lanjut saya akan memberi sedikit alasan kenapa kamu harus mengenal sedikit ilmu tentang SEO, terlepas dari tujuan utama kalian dalam blogging apakah untuk monetize atau sekedar mencurahkan hobby menulis pastinya mempunyai satu titik temu yaitu ingin berbagi hal yang positif kepada pengguna internet, maka dari itu tidak ada ruginya untuk menambah sedikit pengetahuan tentang SEO dan saya jamin setelah membaca artikel ini mulut kalian tidak akan mengeluarkan busa deh wakakakakakaka.

Let’s straight to the point, untuk bisa menjadi terdepan di halaman pencari Google ada dua cara yang bisa kita digunakan namun sesuai janji saya dan judul artikel ini trik yang akan dibahas adalah trik paling dasar dan mudah untuk dipraktekan kalian. Teknik ini biasa disebut dengan Optimasi On Page, sesuai dengan namanya teknik On Page adalah trik yang diterapkan pada halaman atau blog kalian sendiri, mari kita bahas satu persatu trik On Page ini…

KONTEN, konten blog adalah suatu elemen utama yang disajikan dalam sebuah blog atau situs, konten sendiri bisa bermacam-macam jenisnya bisa berbentuk artikel, gambar dan video. Pada intinya mesin pencari menginginkan postingan yang terindeks di halaman depan mereka pantas terindeks dan mempunyai manfaat sesuai dengan apa yang dibutuhkan para pengguna internet. Dalam hal ini Google sebagai mesin pencari no 1 di dunia sangat menyukai blog yang berkonten bagus. Untuk memenuhi kriteria blog berkonten bagus yang disukai oleh robot Google mudah kok yuk simak…

pertama artikel kamu harus unik bukan hasil copy paste dari blog lain, dan jika “terpaksa” saya anjurkan untuk melampirkan sumbernya.
artikel yang kamu tulis harus mempunyai nilai dan manfaat bagi pembacanya apalagi jika mengandung informasi. hindari artikel yang berbentuk duplikasi, saya sarankan jangan pernah membuat suatu artikel yang merupakan pengulangan dari artikel terdahulu.
Keyword, sebuah keyword yang tepat akan sangat membantu dalam optimasi di mesin pencari, sebuah keyword dapat di sematkan dalam judul artikel ataupun isi artikelnya, sebagai contoh adalah kontes iseng kemarin yang menembak keyword “persahabatan yang lebih dari persahabatan” jika kalian lihat contohnya di blog saya pada isi artikel dan judulnya maka kalian akan menemukan keyword itu. Hindari pengulangan keyword yang berlebihan dalam artikelnya.

LINK, si link-link dan si cap-cay ini ternyata mempunyai pengaruh loh dalam sebuah optimasi On Page, ada beberapa hal yang harus kalian hindari dan penuhi…

Internal Link, internal link adalah sebuah link yang yang mengarah ke home page atau halaman posting blog tapi sumbernya berasal dari blog kalian juga. Cara membuat internal link ini mudah dan tidak sulit kok, salah satu contohnya adalah dengan membuat sebuah link dalam postingan yang mengarah ke postingan lain yang mempunyai bahasan yang hampir sama, misalnya dalam artikel yang berjudul “cara mandi kilat” kamu menyematkan sebuah link yang mengarah ke artikel berjudul “sabun mandi biyore” tentunya artikel yang kamu beri link harus artikel yang ada di blog kamu wkwkwkwkwkw, tapi ingat jangan berlebihan juga, 2 tautan dalam satu artkel sudah cukup.
Outbound Link, berbeda halnya dengan internal link, outbound link adalah sebuah tautan yang mengarah keluar dari blog atau situs milik kamu. usahakan jangan terlalu banyak membuat sebuah tautan yang mengarah keluar dari blog kamu, pastikan jika situs atau blog yang kamu beri tautan mempunyai konten bagus dan bermanfaat, Google membenci tautan keluar yang berlebihan dan mengarah kesebuah blog yang isinya sampah.
Link Exchange, menurut saya pribadi link exchange atau yang namanya recipocal link hampir tidak ada manfaatnya malah jika terlalu banyak akan membuat blog kamu terlihat buruk dimata robot mesin pencari, saya rasa jika hanya atas dasar pertemanan kalian lebih baik menggunakan fasilitas blogroll yang mencantumkan update terbaru dari blog teman kamu dan lagi-lagi jangan sampai berlebihan, pasanglah link blog teman yang menurut kamu pantas dan mempunyai nilai dan manfaat. Link Exchange yang berlebihan menurut saya seperti sebuah ajakan saling menjerumuskan “Hey folk lets go jump together to the valley of death” wkwkwkkw.

DESAIN TEMPLATE, desain dari sebuah template mempunyai pengaruh signifikan terhadap optimasi blog dalam mesin pencari. Robot perayap Google tidak menyukai blog yang susah untuk dirayapi sehingga robot perayap akan jarang dan urung untuk menjelajahi halaman-halaman blog kamu, beberapa hal yang membuat blog kalian jarang dikunjungi robot perayap adalah berat blog yang banyak sehingga akan memakan waktu lama untuk loading, jangankan mesin pencari orang saja kalau membuka blog yang lama loadingnya pasti malas untuk kembali berkunjung. Kamu harus bisa memilah-milah elemen pendukung yang dipasang di blog seperti widget dan image, pastikan elemen yang terpasang mempunyai manfaat dan memudahkan akses mensin pencari dan manusia untukmenjelajahinya, manfaatkan hal-hal yang terlihat sepele seperti navigasi, label menjadi lebih optimal jangan sampai membuat blog tampak hiruk pikuk dan berat seperti etalase dagangan yang tidak jelas, yang pada akhirnya tidak bagus dalam segi SEO maupun secara estetika keindahan.

Wah wah wah gak kerasa sudah setengah jam kita berbusa membahas Panduan Dasar Trik SEO On Page ini wkwkwkwk sekarang waktunya kalian mempraktekannya, Insya Allah jika tidak ada yang terlewat dari semua bahasan saya tentang teknik On Page ini maka setiap artikel yang kamu buat akan nemplok di SERP sesuai tempatnya, tapi jangan lupa pastikan daftarkan dulu blog kalian di mesin pencari :) dan jika ada hal yang membingungkan kalian bisa siksa saya atau kawan lainnya dengan memberikan pertanyaan di >>Facebook Bloofers<< atau langsung mampir ke blog tutorial milik saya si ananda yang ganteng kalem ini , klo saya bisa pasti dibantu asal “gope dollar dulu gan” wakakakakakakaka selamat mencoba…

Blogging Is Sharing… 
catatan: Yudi Ananda on Bloofers.org


Artikel Yang Berhubungan:

1 komentar:

Putra kembar mengatakan...

salam kenal !

Dalam dunia blogging,sepertinya ilmu seo mempunyai tempat tersendiri dan harus dimiliki oleh seorang admin blog/website. Begitu pentingkah penerapan seo,apa dengan content2 alami yang ada dalam sebuah site itu tidak cukup untuk mendapatkan perhatian search engine

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking