Tips Cara Menjaga Account Online


Semua orang yang memiliki aktifitas di internet pastilah memiliki lebih dari satu akun online, baik itu akun email, social networking, forum diskusi, dan lainnya. Dengan jumlah akun yang lebih dari satu tentu saja resiko keamanan masing-masing akun menjadi lebih besar. Perilaku atau kebiasaan dari masing-masing individu saat online di internet, sangatlah penting dan memiliki peran lebih dalam menjaga akun online. Perilaku yang kurang teliti punya dampak yang kurang menyenangkan. Kebiasaan yang kurang hati-hati punya resiko yang besar. Menjaga akun online yang kita miliki, dimulai dari mengubah kebiasaan atau perilaku dalam memilih dan menggunakan password.
A password is a secret word or string of characters that is used for authentication, to prove identity or gain access to a resource (example: an access code is a type of password). The password should be kept secret from those not allowed access. --Wikipedia.
Password adalah kata rahasia atau untaian karakter yang digunakan dalam fungsi otentikasi, untuk membuktikan identitas atau mendapatkan akses ke sumber daya (contoh: kode akses adalah jenis password). Password harus dirahasiakan dari mereka yang tidak diperbolehkan untuk mengakses.
Untuk mengingat password akun dalam jumlah lebih dari satu, banyak orang cenderung menggunakan password yang sama berulang kali, atau dalam pattern yang sama untuk semua akun. Dibawah ini adalah tips singkat untuk menjaga akun online yang dimiliki. Happy reading, folks. :D
Hindari software dengan jenis seperti ini.
  1. Jangan pernah memberitahukan username dan password kepada orang lain, sekalipun keluarga kita sendiri. Belum tentu orang tersebut mampu untuk menjamin kerahasiaan account kita, dibandingkan jika kita menjaganya sendiri. Ingatlah akan esensi dari adanya password yaitu untuk melindungi privasi.
  2. Pertimbangkan untuk menggunakan program anti-spyware pada komputer, untuk membantu memonitor berbagai macam malware yang mungkin terlewatkan oleh program anti-virus.
  3. Pastikan untuk menggunakan program anti-virus yang terpercaya dan usahakan untuk secara rutin melakukan update.
  4. Jangan mengklik link asing yang dikirimkan/disebarkan seseorang lewat messenger atau email. Selalu jalankan terlebih dahulu program anti-virus untuk men-scan setiap dokumen, gambar, atau link yang diterima dari orang lain.
  5. Pastikan untuk selalu sign-out dari account yang dimiliki, ketika menggunakan komputer umum.
  6. Hindarilah penggunaan password yang membubuhkan nama panggilan, nama lengkap, nama ayah/ibu, nama binatang peliharaan, alamat, no hp, tanggal lahir, hobi, atau informasi pribadi lainnya yang bisa ditebak orang lain dengan mudah.
  7. Gunakan minimal 6 karakter pada password, dan sebaiknya merupakan gabungan antara huruf dan angka (alphanumeric). Sebagai contoh, 732isijo625 atau o54mu4
  8. Untuk lebih meningkatkan keamanan password, gunakanlah kombinasi tanda baca lainnya pada password. Sebagai contoh, 151+70=isijo
  9. Jangan menggunakan password yang mengandung user-ID dari account yang sama. Contohnya, password = isijosamua81812; sementara user-ID = isijosamua_cakep
  10. Gunakan pattern password yang berbeda untuk setiap grup akun yang dimiliki untuk meningkatkan tingkat kemanan sebuah akun. Misalkan jika semua akun email menggunakan pattern alphanumeric seperti 1234abcde, maka untuk semua akun social networking bisa menggunakan jenis pattern lainnya seperti model hexadecimal, contoh 0+7F8a
  11. Gunakan password yang berbeda-beda untuk setiap account social-networking (facebook, twitter, myspace, dll.) dan/atau email (Yahoo, Gmail, Windows Mail, dll.) yang kita punya. Hindari menggunakan password yang sama.
  12. Gantilah password yang digunakan secara berkala, setiap 30 atau 60 hari sekali.
  13. Usahakan untuk tidak menyimpan password2 yang dimiliki pada komputer. Tulis/catatlah pada media yang lain jika tidak bisa mengingat semua password yang ada.
  14. Bilamana jumlah password akun online yang ingin disimpan ada dalam jumlah yang banyak, pertimbangkan untuk menggunakan program penyimpan password portable, seperti KeePass. Disebut portable, disebabkan program ini dapat disimpan dan dijalankan langsung (tanpa di-install) dari media penyimpan seperti USB flash disk.
  15. Waspadai akan adanya program pencuri password yang terpasang pada komputer yang sedang digunakan. Program ini (disebut keylogger) merekam semua teks yang diketik lewat keyboard. Ada beberapa diantara program tersebut yang bisa merekam koordinat posisi mouse pada layar untuk mengantisipasi penggunaan virtual keyboard. Gunakan program anti-virus atau anti-spyware untuk menghapus program keylogger.
  16. Jangan mempercayai informasi yang disebarkan via email, messenger, atau lainnya yang menawarkan cara untuk meng-hack account orang lain atau lainnya, karena justru Anda-lah yang akan menjadi korban.
  17. Abaikanlah jika ada email/pesan yang menyuruh untuk melakukan LOGIN dengan mengklik sebuah link tertentu dalam email/pesan tersebut, dengan alasan account Anda akan ditutup/dihapus jika tidak melakukan login, atau dengan alasan lainnya.

"Better to be ready than get ready."



Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking