Tips Cara Aman Membuka Shortened Link

Menurut Wikipedia shortened link atau URL shortening atau penyingkatan URL,
Penyingkatan URL (bahasa Inggris: URL shortening) adalah suatu teknik pada WWW yang membuat suatu laman situs dapat diakses dengan menggunakan suatu URL yang sangat pendek selain alamat aslinya. Tujuannya antara lain adalah untuk menghemat ruang, terutama dengan semakin populernya layanan mikroblog seperti Twitter yang memiliki keterbatasan jumlah huruf yang bisa dikirim, serta untuk melakukan analisis terhadap suatu pranala.
Shortened link populer dengan tren jejaring sosial yang berkembang beberapa tahun terakhir ini. Tren mengirimkan pesan dengan maksud berbagi link, menjadi sangat digemari. Situs penyedia shortened link yang paling banyak digunakan saat ini adalah bit.ly, tinyurl.com, is.gd, goo.gl, dan t.co yang adalah milik Twitter.

Maraknya penggunaan messaging software (seperti Yahoo Messenger, BlackBerry Messenger, Google Talk, dan sebagainya), tren pesan singkat sebanyak 140 karakter yang dipopulerkan Twitter, dan batasan 160 karakter pada message (baca: SMS), akan sangat tidak efektif jika ingin berbagi link yang panjang. Solusinya adalah menggunakan shortened link, karena akan lebih baik mengirimkan link pendek http://bit.ly/nZqLo6 dibanding mengirimkan link seperti http://isijosamua.blogspot.com/2011/09/cara-update-blackberry-os-6.html yang tentu saja akan langsung menghabiskan kuota karakter yang diberikan.

Kemudahan yang ditawarkan oleh shortened link diiringi dengan semakin besarnya peluang pengguna terinfeksi oleh malicious code/software. Menjamurnya pengguna handset BlackBerry dan Android semakin membuka potensi terinfeksi bagi pengguna handset mobile. Alasannya karena shortened link menyamarkan alamat link asal, dengan demikian tidak diketahui alamat URL website yang ingin dikunjungi. Bisa saja itu ternyata URL yang akan secara otomatis mengunduh virus kedalam komputer/handset.

Untuk mengatasi hal ini pengguna sebaiknya mengecek terlebih dulu alamat asli URL yang ingin dikunjungi dibalik alamat shortened link yang ada. Sebenarnya semua website penyedia URL shorten memiliki fitur link preview dengan trik dan cara yang beragam. Dengan mengikuti tips dibawah ini, pengguna akan diberikan tampilan alamat URL asli yang berada dibalik sebuah shortened link. Berikut ini panduannya.

bit.ly
Contoh:http://bit.ly/nZqLo6
Tambahkan tanda + pada akhir link menjadi seperti berikut ini,
http://bit.ly/nZqLo6+


is.gd
Contoh:http://is.gd/kikiliko
Tambahkan tanda - pada akhir link menjadi seperti berikut ini
http://is.gd/kikiliko-


TinyURL.com
Contoh:http://tinyurl.com/kikiliko
Tambahkan tanda preview diantara http:// dan link tinyurl menjadi seperti berikut ini
http://preview.tinyurl.com/kikiliko


Google url shortener
Contoh #1:http://goo.gl/6jcU5
Tambahkan tanda + pada akhir link menjadi seperti berikut ini
http://goo.gl/6jcU5+

Contoh #2:http://goo.gl/6jcU5
Tambahkan tanda .info pada akhir link menjadi seperti berikut ini
http://goo.gl/6jcU5.info


Artikel Yang Berhubungan:

1 komentar:

Tukang Pos mengatakan...

Lah, terus kalau ditambah string gitu nanti masuknya ke panel dasbor pemilik yang mengindikasikan URL asli atau begimanah?

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking