Temburong - Brunei Darussalam


Jalan-jalan ke suatu tempat yang baru memang mengasikan. dimana tempat yang asing itu bisa memberikan nuansa yang lain dari yang lainnya, di samping juga akan menemukan penglaman berbeda dari tempat itu.
Selama tinggal di negara Brunei Darussalam, daku pun tak menyia-nyiakan waktu luang untuk berjalan-jalan ke daerah Brunei dan sekitarnya untuk mengilangkan retinitis kerja sehari-hari. Negara Brunei adalah sebuah Negara kecil di kawasan asia tenggara terletak di pulau Borneo (Kalimantan). Negara ini di pimpin oleh seorang sultan,  saat ini di pimpin oleh Sultan Haji Hassanal Bolkiah, sultan Brunei yang ke-29. karena negaranya kecil hanya kurang dari satu jam ke arah timur kita akan sampai di perbatan antara Brunei dengan Malaysia yaitu Kuala Lurah, (ini berlaku bagi yang tinggal di Brunei Muara) Brunei sendiri terdiri dari empat wilayah yaitu Tutong,kuala belait, Brunei Muara, dan Temburong,dari tiap-tiap wilayah itu di bagi lagi menjadi beberapa mukim seperti mukim kiangeh, mukim gadong, mukim Berakas, mukim Lumapas, mukim kilanas dan lain-lain.

Salah satu tempat yang daku kunjungi saat tinggal di Brunei adalah Temburong yang merupakan distrik tertimur dari Negara Brunei Darussalam. letak deerah Temburong terpisah dari ketiga distrik lainnya yang ada di Brunei Darussalam, di pisahkan oleh Malaysia dan teluk Brunei. penduduk yang tinggal di daerah Temburong lebih sedikit ketimbang yang tinggal di di distrik barat (Brunei dan muara, Kuala Belait dan Tutong). ibokotanya adalah pekan Bangar. daerah ini berbatasan dengan teluk Brunei di utara, Malaysia di barat, selatan dan timur.

Daku suka bertanya pada Bruneian (penduduk asli Brunei) mengapa Temburong letaknya terpisah dari wilayah yang lainnya, konon pada jaman dahulu salah seorang raja Brunei kalah bermain dalam permainan sabung ayam, jadi raja itu menyerahkan sebagian wilayahnya ke orang yang jadi pemenang. daku mah cuma manggut-manggut aja, apa benar, apa enggak nich cerita. percaya aja dah daripada bonyok, tul gak? jadi ingat negara paman Sam yang terdiri dari 50 negara bagian dan dua letaknya terpisah dari Negara bagian lainnya yaitu Hawaii dan Alaska. jangan-jangan cerita asal usulnya sama tentang sabung ayam (bingung mode on).

Perjalanan ke Temburung dapat di tempuh melalui dua cara yaitu melalui darat dan laut. kalau melalui darat perjalanan di mulai menuju Kuala Lurah di sinilah terdapat simpadan (perbatasan) antara Brunei Darussalam dan Malaysia timur, setelah stempel ke luar Negara Brunei, kita menuju imigrasi Malaysia yang bersebelahan untuk masuk Negara Malaysia (muter-muter aja boo) setelah itu kita menuju Limbang (Malaysia) setelah sampai di limbang menuju temburong kita harus stempel lagi di imigrasi limbang menandakan keluar dari Malaysia, setelah sampai di Temburong kita masuk lagi ke imigrasi untuk masuk kembali ke negara Brunei, dalam hal ini Temburong. begitu juga sebaliknya jika kita mau kembali ke Brunei.

Perjalanan melalui laut lah lah yang paling banyak dipakai orang untuk pergi ke Temburong. pertama kita pergi ke Bandar Seri Begawan (ibukota Brunei Darussalam) setelah sampai kita membeli tiket perahu boat seharga 10 BNG (Brunei Dollar, masa itu) gak ada yang namanya stempel sana-sini seperti yang melalui jalan darat, hanya periksa paspor aja, perjalanan di mulai dari sungai Brunei di Bandar Seri Begawan menuju sungai Temburong, setelah kurang lebih 45 menit kita pun sampai di Pekan Bangar, ibukota Temburong.


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking