The quick brown fox jumps over the lazy dog 123456789

Iseng-iseng membuka folder Fonts yang terinstall di komputer, terdapat sebuah kalimat yang selalu digunakan berulang kali ketika memilih pilihan pratinjau (preview). Apa istimewanya kalimat ini?



Kalimat ini adalah sebuah pangram, kalimat yang menggunakan semua huruf dalam alfabet paling sedikit satu huruf, dari A hingga Z. Pada awal penggunaannya (abad ke-19), pangram digunakan untuk mengetes peralatan pencetakan akan ketajaman huruf yang akan dihasilkan sekaligus melihat bentuk huruf yang digunakan. Dari puluhan pangram yang ada, "The quick brown fox jumps over the lazy dog" adalah yang paling sering digunakan karena tingkat kecocokan dari tiap kata-katanya yang tinggi, sehingga menghasilkan sebuah kalimat yang memiliki arti.

Microsoft menggunakan kalimat ini untuk menampilkan demo dari jenis huruf (font) yang terinstall pada sistem operasinya, yang kemudian penggunaannya beredar luas. Pada Windows 95, kalimat tersebut ditambahkan menjadi "The quick brown fox jumps over the lazy dog. 1234567890" untuk mengetes tampilan berupa angka. Pada sistem operasi terbaru milik Windows XP terkadang muncul pangram lain "Jackdaws love my big sphinx of quartz. 1234567890" yang disesuaikan dengan jenis font.


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking