Membuat E-KTP - Elektronik Photo Memakai Kamera SLR

ArdyPurnawanSani - Ada yang menarik saat mengurus pembuatan KTP Elektronik tadi pagi, saat ikut antri menunggu giliran, mata saya tertuju pada gadget Kamera SLR lengkap dengan tripot-nya berjumlah 2 (dua) unit. Saya sempatkan untuk mengambil foto gadget keren tersebut dengan BerryHitam. Sesampainya dirumah, saya langsung cari info tentang 2 (dua) unit Kamera SLR yang saya lihat di Kelurahan tadi. Saya menduga kamera SLR itu ber-merk Canon+Lensa kit 18-55 IS mark II, dan setelah saya cek harganya di Bhinneka.com terlihat angkanya sebesar Rp. 4.541.000,- Wow, lumayan juga ya, Sambil bergumam dalam hati.

Nah, jika kita bicara fungsi dan kebutuhan, penggunaan Kamera SLR hanya untuk pengambilan foto diri saat pengurusan e-KTP, IMHO terlalu canggih deh. Padahal secara fungsi aktifitas pengambilan foto diri pada program e-KTP ini, sebenarnya cukup dibekali dengan kamera digital biasa dengan memori card secukupya. Karena walau masuk kategori entry level Canon EOS 1100 D cukup kaya oleh fitur canggih, ditunjang oleh sensor CMOS 12 MP dan Digic 4 yang handal, dan bisa mengaplikasikan HD movie. Keren kan..?
Karena penasaran saya iseng ambil kalkulator, terus menghitung berapa sih kisaran dana yang dialokasikan untuk pembelian Kamera SLR diatas, anggap saja angkanya dibulatkan menjadi Rp. 4,5 Juta x 265 (Kelurahan di Jakarta) = Rp. 1.192. 500.000,- dikali 2 (dua) unit Kamera SLR, hasilnya adalah : Rp. 2.385.000.000,- (Dua milyar tiga ratus delapan puluh lima juta rupiah). Dahsyat bukan…  :D


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking