Gliese 581 g, Planet Yang Mirip Bumi

Perbandingan ukuran orbit tata surya Liese 581
dengan tata surya kita.

Berita ditemukannya sebuah planet yang bisa dihuni begitu cepat menyebar, planet tersebut bernama Gliese 581 g atau GI 581 g. Planet Gliese 581 g ini merupakan planet keempat dari enam planet yang ditemukan pada tata surya Gliese 581 yang berada pada gugusan rasi bintang Libra. Planet ini ditemukan oleh Lick-Carnegie Exoplanet Survey setelah menghabiskan waktu observasi selama 11 tahun.

Kenapa planet Gliese 581 g disebut-sebut sebagai planet yang mirip dengan Bumi?
Lebih dari 500 exoplanet telah ditemukan saat ini, yaitu planet-planet yang berada diluar tata surya kita, namun tidak ada satupun diantaranya yang bisa dihuni. Posisi planet Gliese 581 g berada tidak terlalu dekat atau terlalu jauh dengan mataharinya. Posisi yang berada ditengah-tengah ini disebut sebagai "Goldilocks area", sama seperti Bumi yang juga berada dalam posisi ini dalam tata surya kita, sehingga diprediksi sangat layak untuk dihuni.

Belum banyak diketahui tentang planet ini, apalagi menjawab pertanyaan utama dari para ilmuwan yaitu, "Apakah air bisa mengalir disana?". Seperti diketahui bersama syarat utama sebuah planet bisa dihuni oleh manusia adalah bisa mendukung kebutuhan utama manusia akan air.

Fakta seputar Gliese 581 g:
  • Memiliki orbit selama 37 hari, bandingkan dengan Bumi yang 365 hari.
  • Lebih besar 1.3 - 2 kali dibandingkan Bumi.
  • Lebih berat 3.1 - 4.3 kali dibandingkan Bumi.
  • Terbagi menjadi 3 zona, yaitu zona terang (bright zone), zona tengah (twilight zone), dan zona gelap (dark zone).
  • Temperatur pada zona terang bisa mencapai 160 derajat Celcius, zona tengah sekitar 35-40 derajat Celcius, sedangkan zona gelap bisa mencapai -25 derajat Celcius. Pada zona tengah itulah diprediksi bisa dihuni oleh manusia.
  • Tidak ada pergantian siang dan malam. Karena tidak memiliki sumbu putar (poros), jadi zona terang akan berada dalam keadaan "siang" dan zona gelap dalam keadaan "malam" sepanjang tahun. Mirip dengan bulan kita yang menghadap ke arah Bumi hanya satu sisi saja.
  • Umur "matahari" tata surya Gliese 581 diperkirakan akan lebih lama dibandingkan dengan umur "matahari" tata surya kita. Hal ini disebabkan karena ukurannya yang hanya 1/3 dari matahari kita.

Jadi, bagaimana pendapat Anda?


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking