Cara update BlackBerry OS 6

Berikut ini adalah petunjuk untuk mengupdate versi OS 6 yang ada pada handset. Jika Anda bermaksud mencari artikel untuk meng-upgrade handset BlackBerry dari OS 5 ke OS 6, maka silahkan baca artikel  [ Cara upgrade BlackBerry OS 5 ke OS 6 ].

Proses update versi terbaru OS6 umumnya bisa dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu secara online maupun offline. Keduanya tetap membutuhkan koneksi internet, bedanya terdapat pada resiko kegagalan yang lebih besar ketika melakukan update secara online. Terjadinya gangguan pada jaringan internet ketika proses update sedang berjalan, akan membuat proses tersebut otomatis terhenti dan membuat handset BlackBerry tidak bisa digunakan sama sekali.

Pada artikel ini saya memberikan tutorial update versi terbaru BlackBerry OS 6 secara offline, yang rasanya lebih aman. Maksudnya adalah file installer/update OS6 sudah terlebih dulu diunduh (download) dan dipasang ke PC, dan kemudian melakukan update secara local (offline). Gunakan UPS (uninterrupted power supply) pada PC yang akan digunakan untuk meng-update, untuk menghindarkan terjadinya gangguan suplai daya, contohnya mati lampu. Atau bisa juga dengan menggunakan notebook/laptop.



Sebelum memulai proses update versi terbaru OS 6, sebaiknya perhatikan langkah persiapan berikut ini.
  1. Buka "Start > Control Panel > Add or Remove Programs". Pastikan pada daftar belum ada entri "BlackBerry Device Software..." dan jika ternyata ada, dihapus (uninstall) dulu supaya tidak membingungkan.
  2. Unduh dan install aplikasi yang dibutuhkan, seperti BlackBerry Desktop Software dan BlackBerry Device Software. Ikuti petunjuk instalasi yang ada pada artikel diatas. Meskipun panduan pada artikel diatas untuk BlackBerry Curve 9300, namun prosedurnya sama untuk semua jenis perangkat BlackBerry.
  3. Backup data handset BlackBerry menggunakan BlackBerry Desktop Software.

Handset yang saya gunakan untuk tutorial ini adalah, BlackBerry Curve 9300. Dalam tutorial ini saya menggunakan screenshot yang sama dengan artikel Cara upgrade BlackBerry OS 5 ke OS 6, disebabkan adanya kemiripan dalam petunjuk langkah yang ada pada artikel tersebut.
Mari kita mulai meng-update. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Setelah mengikuti langkah instalasi pada artikel berikut,
[ Cara install BlackBerry Device Software 6 untuk BlackBerry Curve 3G (9300) pada PC ]

Sambungkan perangkat BlackBerry dengan PC, menggunakan kabel USB. Kemudian buka BlackBerry Desktop Software. Perhatikan muncul notifikasi bahwa update untuk perangkat BlackBerry tersedia.

Klik tombol "Update my device" untuk mulai.

Jika muncul kotak dialog seperti pratinjau disamping ini, klik tombol "Get update" untuk memulai proses update.

Perhatikan adanya informasi "Local installation of BlackBerry 6.0 for 9300" pada kotak dialog disamping, sebagai konfirmasi bahwa proses update akan menggunakan versi update-an OS6 yang terinstall pada PC.

Sebelum mengupdate sistem operasi BlackBerry, memang sangat disarankan untuk membackup semua data yang ada dalam perangkat.
Berikan tanda centang pada pilihan "Backup device data", lanjutkan dengan menekan tombol "Install update".

Pada tampilan pratinjau disamping ini, adalah keseluruhan proses update yang akan berlangsung. Dimulai dengan Backup Progress yang akan mem-backup keseluruhan data dan aplikasi yang terinstall pada handset.
Sangat disarankan untuk tidak mencabut kabel USB dan/atau mematikan PC selama proses update berlangsung.

Selanjutnya proses memuat sistem operasi yang baru kedalam perangkat BlackBerry.

Kemudian proses Reboot perangkat BlackBerry dengan menggunakan sistem operasi terbaru.

Terakhir adalah proses Restore. Proses ini mengembalikan semua data yang sebelumnya di backup, kembali ke perangkat BlackBerry.

Pratinjau tanda keseluruhan proses update selesai. Klik tombol "Close" untuk menutup.

Perhatikan bahwa BlackBerry Desktop Software mengenali sistem operasi terbaru yang baru terpasang pada perangkat.

Langkah selanjutnya adalah tinggal mengecek kembali apakah seluruh aplikasi terinstall dengan baik. Jika ada yang terhapus, silahkan baca artikel berikut ini untuk menginstalnya.


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking