Tips Praktis Merawat dan Menggunakan Laptop

Sebagai salah satu barang elektronika yang sarat akan teknologi tinggi, laptop kini mulai akrab di tengah masyarakat kita. mulai dari akademisi, mahasiswa, propesional muda, pelajar, pegawai kantoran, bahkan sampai anak sekolahan dan juga ibu-ibu sekalipun mengenal akan barang yang satu ini. laptop kini sudah menjadi barang penting yang sudah menjadi bagian hidup masyarakat urban. laptop kini mulai berperan untuk menunjang segala mobilitas kerja sehari-hari yang sangat menentukan kelancaran dan kepraktisan bekerja banyak pihak.

Laptop yang biasa kita sebut juga sebagai komputer portabel makin hari makin meningkat saja penjualanya, sekarang ini banyak masyarakat yang lebih memilih membeli laptop ketimbang komputer desktop karena alasan praktis dan mudah di bawa kemana-mana. apalagi sekarang ini fitur-fitur laptop sudah semakin beragam guna memanjakan para pemakainya (user).

Tips-tips di bawah ini mungkin berguna untuk para blogger semua agar laptop yang anda punya sekarang ini dapat selalu bekerja secara maksimal seperti yang kita harapkan. bagi yang belum punya jangan berkecil hati, siapa tahu dalam waktu dekat ini blogger sekalian tanpa di duga dapat segera memiliki laptop. Tips ini daku ambil dari berbagai sumber buku yang daku beli di toko buku (ya iya lah masa di toko bangunan) yang bertemakan tips merawat laptop bagi pemula.

1.Efektifkan waktu pemakainan
Sekilas secara fungsinya, laptop memang tidak berbeda dengan PC/computer desktop. namun bila di lihat lebih jauh ada yang sangat berbeda dari keduanya. bila PC memang di desain untuk masa pemakainnya berjam-jam, bahkan berhari-hari.sementara laptop bukan demikian. bila anda menggunakan laptop pada ruangan yang memiliki pengatur suhu berupa AC, pakailah untuk masa paling lama 7-8 jam. sedangkan bila pada ruangan yang tidak memiliki AC, sebaiknya laptop di pakai paling lama 5-6 jam(nonstop). bila lebih dari itu istirahatkan lah untuk beberapa waktu.

2.gunakan perangkat pendingin
Sesungguhnya suhu pada laptop yang tidak normal akan menyebabkan kerusakan fatal pada sejumlah bagian Hardware laptop tersebut. untuk itu anda bias memberkan perangkat pendingin pada laptop seperti cooling pad misalnya, yang di letakkan pada bagian bawah laptop. agar lebih terbantu,sering-seringlah memberihkan sistim ventilasi laptop anda dari sejumlah kotoran terutama debu, agar sirkulasi udara di laptop anda menjadi sangat lancar. karena tidak sedikit kasus laptop rusak atau bahkan meledak akibat kondisinya yang terlalu overheat (terlalu panas).
Sekedar tambahan, bagi mereka para pria pengguna laptop, kabarnya tidak baik bila memangku laptop dalam waktu lama pada bagian paha. benar atau tidak, namun sejumlah orang mengatakan bahwa itu dapat menggangu “kesehatan” sperma pada pria.

3.Jangan menaruh beban berat di atas laptop
Selain casing yang sangat memungkinkan tergores, juga dapat membuat komponen elektronis di dalam laptop menjadi tertindih dan resiko kerusakan akan lebih besar.

4. Hindari Medan Magnet
Sejumlah komponen penting dalam laptop merupakan materi yang terbuat dari besi.terlebih Harddisk. ini dapat di lakukan dengan tidak meletakkan secular benda yang menghasilkan medan magnet/electromagnetic di sekitar laptop.

5. Pakailah Stabilizer Arus listrik
Bila laptop sedang dioprasikan dengan memakai arus searah lisrtik (tanpa baterai), sebaiknya gunakan Stabilizer/UPS atau penyelaras tegangan arus listrik pada laptop anda.ini sangat befogs dalam mencegah terjadinya tegangan listrik yang tidak stabil ke dalam laptop anda.

6. Mematikkan Laptop dengan Benar
Anda sebaiknya tidak mematikan laptop saat lampu indikator hard disk sedang dalam kondisi berkedip, sebab itu artinya hard disk masih bekerja secara akif, mematikan laptop di saat komponennya masih bekerja dapat menyakibatkan gangguan, kerusakan pada secular komponen termasuk hard disk. Anda tentu akin melakukan shutdown pada laptop apabila pada lampu indikator pada hard disk telah benar-benar tidak berfungsi.

7. Jangan Meletakkan Laptop pada Permukaan Empuk
Pernahkah anda meletakkan laptop pada permukaan benda yang terlalu empuk seperti kasur pegas, sofa, sebaiknya jangan di ulangi karena posisi laptop akan dalam kondisi agak “tenggelam”. dalam kondisi seperti inilah lubang-lubang laptop akan bekerja kurang maksimal. hasilnya udara panas di dalam laptop tidak keluar secara lancar bahkan tidak keluar sama sekali.

8. Membongkar Laptop tanpa pengetahuan yang cukup
Laptop memiliki banyak perbedaan di bandingkan komputer desktop.dia memiliki bagian yang sangat kecil dan terletak pada area padat.

9. Gunakan Tas Khusus
Laptop jatuh dan terbentur adalah umum. jika menggunakan tas yang berkuwalitas, tentu tidak masalah.untuk itu gunakanlah tas khusus pembawa laptop yang banyak di jual luas di pasaran, tas khusus tersebut juga dapat meredam goncangan-guncangan kecil yang bisa saja menggangu kondisi laptop terutama hardware.

10. Jangan pernah meletakkan benda cair dekat laptop
Saat kita menggunakan laptop, entah itu browsing,chating,bermain games dan lain sebagainya. terkadang kita suka menaruh kopi, minuman dingin, teh, dan lain-lain di sisi laptop, tanpa di sadari kadang-kadang cairan itu tersenggol dan tumpah. Berhati-hatilah, cairan tumpah ke laptop besar kemungkinan konseleting pada sejumlah bagian komponen laptop anda.

11. Jangan membiasakan penyimpan laptop di atas lantai.
Bisa di jadikan mainan binatang kesayangan, anak kecil dan dapat terinjak.

Demikianlah tips merawat dan menggunakan laptop. jika masih ada yang kurang silahkan di tambahkan. “Mencegah lebih baik daripada mengobati”


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking