Macam-Macam Istilah-Istilah Internet

Kadang-kadang kalau kita lagi Browsing di dunia maya banyak kata atau perintah yang tidak dapat kita mengerti atau paham.karena daku gaptek maka di bawah ini daku tuliskan beberapa istilah dalam internet yang aku perolah dari sumber buku terbitan media kita.selamat membaca dan semoga bermanfaat bagi kita semua.

* Attacment,atau lampiran,merupakan dokumen tambahan yang biasanya di sertakan ketika kita mengirim email kepada seseorang.

* Browsing/Surfing merupakan proses pencarian informasi di internet yang di lakukan penjelajah di dunia maya.

* Chatting mengacu kepada segala bentuk komunikasi menggunakan internet,tetapi secara specifik mengacu pada percakapan berbasis teks antara dua orang pengguna internet.contoh
media yang di gunakan adalah Mirc,Yahoo,!Massangger,dan Google Taks.

* Cookies adalah data,semacam pesan yang di berikan dari web server kepada web browser,di mana umumnya data tersebut berbebtuk teks file,kemudian data ini akan di kirim kembali ke server setiap kali browser meminta halaman baru.

* Compose merupakan perintah di dalam email untuk membuat sebuah email baru.

* Copy-Paste adalah rangkain perintah dalam dunia komputer untuk memindahkan file dari satu database lain.Di awali dari perintah copy untuk menyalin file yang di inginkan dan paste untuk meletakkan salinannya di folder yang diinginkan.

* Cut-Paste adalah rangkaian perintah dalam dunia computer untuk memindahkan file dari satu database lain.Di awali dari perintah cut untuk menyalin file yang di inginkan dan paste untuk meletakkan salinanya di folder yang diinginkan.

* Database adalah kumpulan informasi yang di simpan di dalam computer secara systematic,sehingga dapat di periksa menggunakan suatu program computer untuk memperoleh informasi dari basis data terse but.perangkat lunak yang di gunakan untuk mengolah dan memanggik kueri(query)basis data di sebut sistem manajemen basis data(database management syiste.DBMS).

* Delete adalah sebuah perintah dalam dunia komputer untuk menghapus file dari database,bisa dari komputer kita atau komputer server.

* Download adalah proses penyalinan data elektronik dari server web menuju ke komputer client(pengguna internet).

* Edit adalah sebuah perintah dalam dunia komputer untuk mengubah sebuah file pada database,baik itu mengurangi isi data di dalamnya atau menambahkan isinya.Agar perubahan bersifat permanen,harus di simpan setelah proses edit selesai.

* Email atau Surat Elektronik(di singkat ratel atau surel atau surat-e)atau pos elektronik(di singkat pos-el)adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet.dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman(dengan membeli perangko),tetapi surat elektonik umumya biaya di keluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet.Namun ada pengecualian.Misalnya,surat elektonik ke telepon genggam,kadang pembayarannya di tagih per pengiriman.

* Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server -server untuk di sewakan,sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP,FTP,EMAIL atau DNS.

* Hotspot merupakan tempat yang menyediakan koneksi LAN tanpa kabel dengan tenologi WI-FI biasanya di sebut hotspot.
* HTTP atau Hypertext Transfer Protokol,merupakan alamat yang di gunakan dalam internet.Alamat ini menunjukkan suatu identitasyang unik dari masing-masing situs yang di kunjungi.

* Inbox merupakan kotak masuk,di mana di dalamnya terdapat daftar email yang di kirimkan ke kita.

* Internet Browser merupakan softwere yang di gunakan untuk melalukan browsing,di antaranya:Internet Ekplorer,Mozilla Firefox,Google Chrome,Opera,atau Safari.

* IP Address atau Internet Protokol Address,merupakan alamat dari setiap komputer yang mengakses internet.IP Address menberikan informasi dari mana paket berasal dan akin di tujukan ke mana.terdiri dari empat deret angka dan di pisahkan oleh titik.misalnaya 123.567.341.2.

* ISP atau Internet Service Provider,di sebut juga penyelanggara jasa internet,adalah perusahaan atau badan yang menyelenggarakan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan.perusahaan ini di dominasi perusahaan telepon.

* Keyword,yang berarti kata kunci,merupakan kata yang kita gunakan sebagai dasar dalam mencari informasi yang biasanya kita ketikkan dalam search engine yang ada pada situs tersebut.

* LAN atau Local Area Network,adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil,seperti jaringan komputer kampus,gedung,kantor,rumah,sekolah atau yang lebih kecil.Saat ini kebanyakkan,LAN berbasis pada ternologi IEEE 802. 3 Ethernet menggunakan perangkat swicth,yang mempunyai kecepatan transfer data 10,100 Mbit/s.Selain teknologi Ethernet,saat ini teknologi 802,1b(atau biasa di sebut wi-fi)juga sering di gunakan untuk membentuk LAN.

* Login,juga biasa di sebut log in,log on,signon,sig on,signin,sign in,adalah proses untuk mengakses sebuah web yang memasukkan identitas dari akun pengguna dan kata sandi,guna mendapatkan hak akses menggunakan sumber daya komputer tujuan,proses ini akan membuat sesi pada mesin tujuan untuk pengguna yang melakukan log masuk.Dalam kasus pengaksesan situs internet,situs sering kali meletakkan cookies pada komputer pengguna.

* Mailing list Mailing list adalah group diskusi di internet di mana setiap orang bisa berlangganan dan berpartisipasi di dalamnya.Kita dapat membaca mail orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya .secara sederhana ,mailing list adalah sebuah daftar alamat e-mail yang mempunyai kepenting/kesukaan yang sama.setiap kali kita atau orang lain mereplay sebuah mail,mail tersebut di distribusikan ke setiap mail box masing-masing orang yang terdapat di dalam daftar.

* Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator .Modulator(bagian yang membawa sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa(carrier) dan siap untuk di kirimkan),Sedangkan Demodulator(bagian yang memisahkam sinyal informasi yang berisi data atau pesan dari sinyal pembawa(carrier)yang di terima,sehingga informasi tersebut dapat di terima dengan baik).modem merupakan penggabungan kedua-duanya,artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.jika anda ingin terhubung ke internet,tentu saja membutuhkan modem.

* Offline(kebalikan dari online)merupakan status yang menyatakan bahwa sebuak komputer client(pengguna internet)tidak dalam terkoneksi dengan jaringan internet.

* Online merupakan status yang menyatakan bahwa sebuag komputer client(pengguna internet)dalam keadaan terkoneksi dengan jaringan internet,biasanya status dalam forum,kadang juga sering di singkat”OL”.

* Passoword adalah kumpulan karakter(huruf,angka,atau simbol)yang di gunakan oleh pengguan computer untuk memverfikasi identitas dirinya kepada sistim keamanan yang di miliki sebuah website.Sistim keamanan akan membandingkan kode-kode yang di masukkan oleh pengguna (yang terdiri atas nama pengguna/user name dan password) dengan daftar atau basis data yang di simpan oleh sistem keamanan sistem tersebut.jika kode yang di bandingkan cocok,sistem keamanan akan mengirimkan akses kepada pengguna tersebut terhadap layanan dan sumber daya yang terdapat di situs web tersebut,sesuai dengan level keamanan yang di miliki oleh pengguna internet.

* Router adalah sebual alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju Tujuanya,melalui sebuah proses yang di kenal sebagai Routing.Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

* Save/Save as adalah sebuah perintah dalam dunia komputer untuk menyimpan sebuah file dalam sebuah database,sehingga kita tidak perlu membuat baru file lagi.

* Search Engine merupakan sistem pencari informasi yang gerenuk basis dari data-data yang terdapat pada data base ,yang di cocokkan dengan kata kunci atau keyword,di mana data tersebut dapat bersumber dari situs-situs yang ada dalam internet.

* Send merupakan perintah untuk mengirimkan e-mail yang telah kita buat kepada orang yang kita tuju.

* Sent Mail merupakan kotak keluar,di mana di dalamnya terdapat daftar e-mail yang telah kita kirimkan ke orang lain.

*Share,yang artinya berbagi,merupakan sebuah istilah pada internet yang di tujukan file-file yang dapat di download oleh umum atau terbuka bagi siapa saja.

* Sign-Up,atau registar,adalah sebuah proses pendaftaran pengguna internet pada suatu situs web agar pengguna tersebut mendapatkan hak akses ke dalam situs tersebut.

* Upload adalah proses penyalinan data elektronik dari komputer client(pengguna internet)menuju server web.

* Url atau Uniform Resource Locator(URL) adalah rangkaian karakter menurut suatau format standar tertentu,yang di gunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber,seperti dokumen dan gambar di internet.per tama kali di ciptakan oleh Tim Berneer-Lee pada tahun 1991 agar penulis dokumen dapat mereferensikan pranala ke world wide web.sejak 1994,konsep URL telah di embanking menjadi istilah uniform resource identifier(URI) yang lebih umum sifatnya,walaupun demikian,istilah URL masih tetap di gunakan secara luas.

* Username di gunakan sebagai identitas berupa runtutan karakter yang secara unik gerenuk ke pengguna tertentu.biasanya ada ketika kita login atau sign-up.

* Website adalah sebutan bagi sekelompok halaman web(webpage) yang umumya merupakan bagian dari suatu nama domain(domain name)atau sub domain di world Wide Web(WWW) di internet.WWW terdiri dari situs web yang tersedia kepada publik.halaman-halaman situs web di akses dari sebuah URL yang menjadi”akar”(root),yang di sebut homepage(halaman induk;sering di terjemahkan menjadi”beranda”,halaman muka),dan biasanya di simpan dalam server yang sama.

* Wireless atau dalam bahasa Indonesia di sebut nirkabel,adalah teknologi yang menghubungkan dua piranti untuk bertukar data tanpa media kabel.data dipertukarkan melalui media gelombang cahaya tertentu(seperti teknologi infra merah pada remote tv)atau gelombang radio(seperti Bluetooth pada komputer dan ponsel)dengan frekuensi tertentu.

* World Wide Web(“WWW”,atau di singkat Web”)adalah suatu ruang informasi di mana somber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang di sebut Uniform Resource Identifier(URL),WWW sering di anggap sama dengan internet secara keseluruhan,walaupun sebenarnya ia hanya bagian daripadanya.


Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking