Belajar Sistem Operasi Windows XP

SYSTEM CONFIGURATION UTILITY

Jika dalam belajar komputer anda senang dengan tweak sistem operasi Windows maka configurasi yang satu ini penting bagi anda. Microsoft Configuration dapat ditampilkan ketika Anda menjalankan file [MSConfig] yang berada dalam folder C:Windowshelpctr. Tetapi untuk menjalankan file tersebut, Anda harus login sebagai Administrator Windows. Untuk menjalankannya, gunakan [Start > Run...] dan kemudian mengetikkan [MSConfig] lalu klik [Ok]


Beberapa file penting yang berhubungan dengan konfigurasi Windows dapat diatur menggunakan kotak dialog ini yaitu :

* System. ini.

File System.ini merupakan file yang digunakan untuk mengendalikan perangkat keras. Di dalamnya terdapat point-point pengaturan sistem Windows dari sisi driver yang digunakan, bit suporting aplication dan sebagainya.

* Win.ini

File Win.ini digunakan untuk melakukan pengaturan desktop dan aplikasi. Seperti misalnya pengaturan Font, ekstensi file yang dikenali oleh Windows, aplikasi-aplikasi yangbisa dijalankan dan sebagainya.

* Boot.ini

File Boot.ini merupakan file yang digunakan untuk melakukan pengaturan sistem pada saat melakukan booting komputer. Ada beberapa pilihan untuk melakukan setting pada bagian ini.

* Startup.

Tabulasi Startup digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa file pada saat startup windows. Artinya Windows akan menyeleksi program mana saja yang akan di load ketika windows startup. Biasanya ada beberapa pilihan di sini untuk mempercepat startup windows. Jika anda berpikir bahwa suatu program tidak perlu langsung dijalankan ketika komputer baru sart up hilangkan saja tanda centang untuk program yang dimaksud.

* Services.

Tabulasi Services digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan file-file services pada Windows. Untuk melakukan perubahan bacalah dengan baik keterangan setiap item. Sayang bahwa ada banyak yang tidak bisa dimengerti karena hanya menggunakan bahasa pabrikan software.

Catatan: Menu-menu di atas telah mengalami beberapa perubahan pada sistem operasi Windows Vista.

Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking