Sistem Kepegawaian Masih Sangat Lemah

Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( PAN dan RB) E.E. Mangindaan mengakui sistem kepegawaian yang berlaku saat ini masih memilki sejumlah  kelemahannya.
“Contohnya, dalam pengangkatan pejabat masih lebih menonjolkan faktor senioritas bukan kemampuan,” katanya, kemarin.
Seringkali ditemukan seseorang diangkat untuk menduduki jabatan tertentu meskipun prestasi kinerja atau kecakapan PNS bersangkutan  kurang memadai. Pertimbangan utama kenaikan posisinya karena dia lebih senior dibanding yang lainnya.
Menurut Menpan, kondisi semacam ini seringkali ditemui meskipun tidak seluruhnya demikian. Sebaliknya ada juga yang kecakapan atau kemampuan dan prestasi kerjanya cukup memadai, tapi  perilaku, kepribadian, dan integritasnya kurang.
Sering pula ditemui seorang PNS senior dengan pengalaman lama, kepangkatan tinggi, pengabdian baik, kesetiaan tinggi tapi tidak memiliki kompetensi dan kinerja baik, akhirnya tidak dapat menyelesaikan tugas dengan baik. Sebaliknya kompetensi tinggi tanpa pengalaman, kesetiaan, dan pengabdian tinggi, juga tidak dapat dihasilkan sesuatu  yang baik.
Bila ada dua PNS yang memiliki sistem karir, pengalaman kerja, dan pengabdian sama, harus diprioritaskan PNS yang punya kompetensi dan kemampuan lebih tinggi.
Saat ini sedang menyiapkan perincian sistem karir yang meliputi persyaratan administrasi berupa masa kerja, pengalaman dan masa pangkat, tingkat pendidikan formal, pendidikan dan latihan, kesehatan, usia serta perincian sistem prestasi kerja. Karena hal ini bersifat teknis dan dinamis, maka cukup diatur dalam PP saja. (faisal/B)

Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking