Demo di Kemendagri Saudi, 15 Ditangkap


RIYADH - Kecemasan bahwa wabah perlawanan atau pemberontakan terhadap penguasa akan sampai ke Arab Saudi menjadi kenyataan. Kemarin (20/3) polisi dalam jumlah besar menghadang aksi ratusan demonstran yang berunjuk rasa di depan Kantor Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi di Riyadh.

Demonstran menuntut pembebasan ribuan tahanan yang dipenjara selama bertahun-tahun tanpa diadili. Mayoritas di antara tahanan tersebut dijerat kasus subversi (menentang pemerintah) dan terorisme.

Para saksi menyatakan, sedikitnya 15 demonstran ditangkap setelah memaksa masuk ke dalam Kantor Kemendagri. Kantor kementerian itu dikenal dengan ketatnya pengamanan oleh aparat. Associated Press menggambarkan, sekitar 2 ribu pasukan khusus dan 200 kendaraan polisi bersiaga di lokasi tersebut.

Tidak ada penjelasan dari kepolisian tentang penangkapan aktivis dalam demonstrasi tersebut. Tetapi, demontrasi kemarin merupakan kali ketiga pada bulan ini. Demonstran yang terdiri atas keluarga tahanan dan para aktivis itu menuntut keterbukaan informasi tentang mereka yang ditahan tanpa diadili dalam beberapa tahun belakangan ini.

Pemerintah Saudi dengan tegas melarang demonstrasi. Mereka menyiapkan pasukan keamanan penuh untuk mencegah meluasnya perlawanan atas penguasa yang terinspirasi oleh revolusi rakyat di sejumlah negara Arab lain. (AP/AFP/Rtr/cak/c6/dwi)

Artikel Yang Berhubungan:

Tidak ada komentar:

Informasi Umum - Kumpulan Artikel Bebas Baca © 2009 - Bookmarking